Kamis, 20 Agustus 2015

Penyakit Ginjal Bawaan dan Pencegahannya

Kondisi penyakit yang di dapatkan sejak baru lahir, saat bayi atau baru terdeteksi di usia anak-anak dikenal ‘penyakit bawaan’ (congenital). "Penyakit ginjal tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak, bahkan pada bayi yang baru lahir. Bagaimana hal ini dapat terjadi?" 

Penyakit Ginjal Bawaan dan Pencegahannya
Penyakit ini dapat terjadi karena kelainan saat proses pembentukan organ janin dalam kandungan. Faktor yang dapat mempengaruhi kelainan ini adalah genetik, alkohol dan konsumsi narkoba saat hamil, gizi ibu hamil, infeksi saat hamil, dan lain-lain, tetapi bukan akibat kutukan atau perlakuan orang tua saat sedang hamil seperti yang pernah kita dengar dari orang-orang sebelum kita. 

Penyakit ini dapat terdeteksi secara dini dari dalam kandungan jika pemeriksaan kehamilan dan USG dilakukan secara rutin dan lengkap. Beberapa contoh penyakit ginjal bawaan adalah seperti berikut : 

1. Horseshoe Kidney
Kelainan anatomi ginjal dimana kedua ginjal masih terlihat menyatu. 

2. Fetal Hidronephrosis
Pembesaran ginjal akibat obstruksi/sumbatan di saluran kemih dan refluks kembali dari kandung kemih. Pada beberapa kasus, perlu penanganan operasi. 

3. Posterior Urethral Valve Obstruction
Penyempitan atau sumbatan di saluran kencing uretra, biasanya terjadi pada anak lelaki. Mengakibatkan infeksi saluran kemih berulang. 

4. Polycystic kidney disease (PKD)
Kista berisi air dalam ginjal, dapat membesar serta bertambah banyak hingga mengakibatkan kegagalan ginjal. Sering terjadi tanpa gejala di awal, dan kemudiannya mengakibatkan infeksi saluran kemih, batu ginjal dan tekanan darah tinggi. 

5. Renal Tubular Acidosis
Terjadi ketika ginjal tidak dapat membuang toksin dan keasaman pada ginjal meningkat hingga mengakibatkan batu ginjal dan mengganggu pertumbuhan anak. 

6. Wilms Tumor
Kanker ginjal yang di dapat sejak bayi dan anak-anak. Kondisi ini harus segera dioperasi dan kemoterapi. 

7. Glomerulonephritis
Peradangan pada ginjal dan menggangu fungsi ginjal. Bisa diobati dengan obat-obatan atau harus didialisa. 

8. Nephrotic Syndrome
Kelainan ini terjadi karena banyaknya protein yang keluar dari ginjal ke urin dan bisa berakibat gagal ginjal.

Jika ditemukan gejala berikut saat hamil, segera konsultasikan ke dokter kandungan anda karena gejala ini bisa merupakan tanda awal bagi penyakit ginjal bawaan pada anak :
  • Mengalami infeksi yang berat saat sedang hamil
  • Perut hamil lebih besar/ berbeda dari usia hamil yang seharusnya
  • Ibu hamil tidak mendapat gizi yang baik. (muntah terus dan tidak makan)
Saat anak lahir, gejala yang bisa terlihat secara umum adalah :
  • Nyeri saat buang air kecil di bagian genital atau perut bawah.
  • Masalah buang air kecil (bak) seperti tidak dapat bak, bak menjadi lebih sering, bak menetes-netes dan sakit
  • Demam berulang
  • Ginjal teraba membesar
Pencegahan yang dapat dilakukan saat hamil adalah dengan menjaga kehamilan dengan baik yaitu berhenti/tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba serta mendapatkan gizi yang terbaik untuk si calon bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar